FOODS

EASY COOK

Di rumah, saya selalu bereksperimen masak-masak. This page will be written about all my recipes and tips in cooking.

Cumi Goreng Tepung

Sebelumnya perlu saya beritahukan bahwa 2 hal terpenting dalam menggoreng cumi adalah; 1. ambil kantong tinta cumi, 2. goreng dengan api yang cukup besar (ingat selalu untuk mulai menggoreng setelah minyak mendidih) dan tutup wajan ketika menggoreng karena minyak panasnya akan muncrat kemana-mana (seafood terutama cumi mengandung air, sehingga saat digoreng, minyak akan muncra-muncrat -> apa sih bahasa indonesianya muncrat muncrat? >,<).

Bahan

Cumi yang telah diambil kantong tintanya, potong sehingga membentuk cincin. Kepala ataupun ujung yang tidak berbentuk cincin juga digunakan lo.

1 sdm garam (maaf untuk bumbu biasanya saya pakai feeling, jadi sesuai selera dan berapa banyak cuminya)

1/2 sdm merica

100 gr tepung

2 siung bawang putih di tumbuk halus

minyak goreng secukupnya, tidak perlu seluruh cumi nanti tenggelam dalam minyak saat digoreng

Alat (ini alat-alat wajib untuk easy cooking ya “,)

1 mangkok besar

1 wajan ukuran sedang (jangan pakai wajan yang datar, dan tidak perlu wajan anti lengket) dan tutupnya, pakai tutup panci juga tipak apa-apa kok

spatula atau sotil atau susruk atau apalah namanya (kalau bisa yang aluminium, jangan yang kayu)

serok (yang buat angkat masakan dari penggorengan itu loh)

telenan dan pisau

piring sajian

Cara

-Taruh dan campurkan potongan cumi di mangkok besar dengan bawang putih, garam dan merica.

-Lumuri dengan tepung (bisa tepungnya yang dituang ke mangkok atatu taruh tepung di mangkok lain kemudian ambil cumi secukupnya untuk kemudian digoreng, tergantung seberapa banyak cumi yang akan digoreng, yang penting lumuran tepung merata di tiap potongan cuminya)

-Panaskan minyak, kemudian goreng cumi. Ingat jangan sampai minyak terlalu banyak/sedikit, yang penting terendam. Biarkan api cukup besar kemudian tutup wajan, jangan dibuka-buka atau dibolak-balik, tunggu saja selama 10-15 menit, akan ada suara minyak meletup-letup ditutup, tunggu hingga letupannya mereda, kemudian balik cuminya (cumi dalam wajan akan mengeras dan mudah di-angkat, kalau masih lengket berarti masih belum matang). Setelah dibalik, tutup kembali wajan. Biasanya menggorek balikkannya lebih cepat, jadi tetap awasi wajan, jangan sampai gosong. Setelah seluruh cumi tampak kecoklatan dan crispy (jika terlalu lama daging cumi bisa mengkeret dan ikut crispy, saya suka begini, tapi keluarga saya ingin dagingnya tetap empuk, jadi tergantung selera), angkat dengan serok. sajikan di piring. Bagi yang suka pedas, jangan lupa sajikan dengan saus sambal.

Tips mengambil kantong tinta:

tarik kepala cumi (kalau saya lebih suka memisahkan badan dengan kepalanya, karena nantinya toh akan dipotong-potong juga),  pada kepala akan terlihat benjolan berwarna silver (keperak-perakan), itulah kantung tinta cumi, ambil kantung itu dengan hati-hati agar tidak sampi memecahkannya (jika sampai pecah, cairan hitam akan keluar dan akan lama sekali membersihkannya, karena sekalipun dicuci dengan air mengalir, cairan hitam pekat itu akan sulit hilang). Jangan lupa juga untuk mengambil sejenis rangka pada cumi yang berbentuk seperti plastik panjang dari badan cumi (maaf, saya bukan biologist jadi gag tau itu namanya apa).

Mudah bukan? maaf kalau terlalu detail, penjelasan ini untuk memasak pada umumnya, untuk resep berikutnya alat dan tips tidak akan ditulis kembali dan dapat dilihat di resep/ tips sebelumnya.

Spageti
Dulu sempet bikin spageti sendiri sewaktu tomat melimpah.

Bahan
Spageti (atau kalo lagi bokek pake mie telor atau mie instan juga boleh)
Tomat segar, nantinya akan di blender (yang segar dan ranum, kalau bisa tomatnya yang jenis buah yang lebih manis, tapi kalau dapat yang agak masam, masih bisa diakali dengan memberi gula lebih banyak waktu memasaknya nanti)
Bawang putih (haluskan; uleg bawang putih sampai halus)
Bawang bombay (diiris, kalau ga pakai juga ga masalah)
Garam
Gula
Merica
Oregano (wajib nih, walaupun agak mahal tapi cukup awet dan bisa digunakan untuk membuat masakan lain terutama masakan itali, contohnya pizza, atau kreasi masakan bercitarasa itali, saya pernah mencampurkannya dengan saus sarden buatan sendiri, lumayan juga kok)
Kornet
Saos sambal atau bisa diganti dengan cabe yang sudah dihaluskan/diuleg
Minyak goreng

Alat
Blender
Mangkok
Wajan ukuran sedang (jangan pakai wajan yang datar, dan tidak perlu wajan anti lengket) dan tutupnya, pakai tutup Panci juga tipak apa-apa kok
Spatula atau sotil atau susruk atau apalah namanya (kalau bisa yang aluminium, jangan yang kayu)
Serok (yang buat angkat masakan dari penggorengan itu loh)
Telenan dan pisau
Piring sajian

Cara
-untuk mie nya kita hanya perlu merebus air, masukkan mi setelah air mendidih, setelah itu tiriskan. spageti juga sama, hanya saja lebih lama sampai bisa cukup empuk untuk dimakan (tidak perlu sampai mengembang).
-untuk saus nya, sebelumnya kita potong-potong tomat jadi 4 potong, kemudian kita blender sehingga menjadi jus.
-siapkan wajan, tuang sedikit minyak goreng, nyalakan kompor dengan api sedang
-setelah itu masukkan bawang putih, irisan bawang bombay dan saos sambal dan kornet, dan tumis sampai harum
-kemudian masukkan jus tomat, aduk merata
-masukkan garam, gula, merica dan oregano
-biarkan agak kental (orang jawa bilang sampai agak ‘sat’)
-sementara itu coba cicipi, jika kurang tambahkan bumbu-bumbu tadi (lagi lagi pakai insting), jika keasinan, tambahkan gula, begitu pula sebaliknya. jika masih masam, tambahkan gula atau saos sambal.
-setelah itu taruh saos spageti tersebut ke wadah/ mangkok. jangan cuci wajan, karena akan kita pakai lagi
-tuang saus spageti dan spageti atau mie secukupnya ke wajan, nyalakan kompor dengan api agak besar, aduk sebentar sampai merata kemudian matikan kompor, untuk mie bisa langsung diangkat, untuk spageti tunggu sebentar sampai air saos meresap dan spageti mengembang sesuai ukuran spageti seharusnya. sajikan di piring.

Ayam Goreng (biasa, tanpa tepung)
Bikin ayam goreng sebenarnya sederhana, tapi kalo salah tenik bisa lembek dan amis.

Bahan
Ayam yang sudah di potong-potong
Jahe (tumbuk sedikit, bukan dihaluskan)
Sere (patahkan, bukan dipotong lo, agar sekedar aroma sere keluar)
Garam
Gula
Merica
Bawang putih (haluskan)

Alat
Panci
Mangkok
Wajan ukuran sedang (jangan pakai wajan yang datar, dan tidak perlu wajan anti lengket) dan tutupnya, pakai tutup Panci juga tipak apa-apa kok
Spatula atau sotil atau susruk atau apalah namanya (kalau bisa yang aluminium, jangan yang kayu)
Serok (yang buat angkat masakan dari penggorengan itu loh) dan penjapit untuk mempermudah membalik potongan ayam saat digoreng
Telenan dan pisau
Piring sajian

Cara
-Rebus air dengan api sedang sampai mendidih, masukkan jahe, sere, bawang putih, garam, gula dan merica, kemudian masukkan ayam. kecilkan api kompor. tunggu sekitar 10-15 menit sampai ayam matang
(mengapa direbus dulu? agar matangya meresap, kalau hanya direndem, dalamnya masih ada merah darah setelah digoreng)
-tiriskan ayam (sisa air dapat digunakan sebagai kaldu untuk sop atau capjay)
-siapkan wajan, tuangkan minyak secukupnya, sampai kira-kira nanti untuk menggoreng, ayam akan terndam separonya
-nyalakan kompor dengan api sedang sampai minyak mendidih, masukkan ayam yang sudah ditiriskan tadi (sekali menggoreng maksimal kira-kira 4-5 potong), kemudian kecilkan api kompor sampai api kecil (bukan sedang lo). Tunggu 10-15 menit sampai kulit ayam menjadi krispi kemudian balik ayamnya (jangan dibolak-balik ya, cukup sekali, agar matangnya meresap)
-setelah kedua sisi cukup krispi, tiriskan dan sajikan di piring

Kritik, Komentar dan Saran sangat ditunggu penulis… Thank You

    • Noora
    • March 25th, 2011

    Foto. biar lebih menarik sekaligus sebagai evidence… Gambaru! Gambatte Kudasai! Chayo!

  1. pin, aku pengin coba😀 katane mao masak bareng, but yen bisa jangan di rumahku doonk.. kalo kurang bahan susah carinya soalnya pasarnya buka pagi doank. neng faty wae, hohohoh (kan ibuk e warung mesti bumbu lengkaap)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: