Analisis ‘As We May Think’

Dari Tugas Kapita Selekta Ilmu Komputer Semester lalu…
“As We May Think” diterbitkan ulang 1996 dan ditulis oleh Vannevar Bush, seorang ilmuwan di bidang electrical engineering dari MIT. Sedangkan artikel aslinya ditulis dan terbit perdana pada Juli 1945. Artikel ini berisi prediksi tentang perkembangan teknologi informasi setelah perang dunia II, yaitu sejumlah penemuan teknologi pada masa yang akan datang, yaitu kemunculan: fotografi digital, media penyimpanan magnetis, konsep artificial intelegence, memex, encyclopedia online, speech recognition (pengenal suara) dan lainnya.
Beberapa prediksi dan pemikiran yang tertulis dalam artikel ini telah diimplementasikan sampai saat ini. Berikut beberapa prediksi Vannevar Bush tentang teknologi yang akan muncul setelah artikel diterbitkan (setelah tahun 1945):
-Fotografi digital; pada artikel terdapat penjelasan mengenai microfilm dan ”polaroid kering” yang mungkin dapat disimpulkan sebagai konsep fotografi modern.
-Media penyimpanan magnetis; disebutkan bahwa mungkin kita nanti akan menyimpan informasi sebanyak Ensiklopedi Britannia pada satu kepingan magnetis berukuran kecil.
-Ensiklopedia online; dalam pernyataannya ”Sebuah bentuk baru ensiklopedia akan muncul yang siap untuk ditaruh pada memex (yang kemudian kita ketahui sebagai konsep pengembangan hypertext/ hyperlink HTML) dan diperkuat didalamnya”, Vannevar Bush memperkirakan akan adanya kemungkinan bahwa teks dan gambar disatukan dalam satu layar dan terdapat asosiasi serta link-link di dalamnya dan kemungkinan dapat pula dilakukan penulisan komentar atau feed back, yang dapat disimpan pada storage dan dipanggil kembali secara bersamaan.
-Artificial Intelligence; Pernyataannya bahwa logika sangat cocok untuk komputasi mekanik, belum dihargai. Vannevar Bush memprediksi, akan dibangun sebuah mesin yang akan memanipulasi lokasi sesuai dengan logika formal, hanya dengan penggunaan rangkaian relay. Mesin tersebut mengeluarkan kesimpulan demi kesimpulan, semua sesuai dengan hukum logis.
-Memex; Yang paling menonjol dari keseluruhan prediksi dalam artikel ini adalah “memex”. Persyaratan dari pelaksanaan memex adalah:
• Dokumen dapat diakses & terbaca dari sistem memex.
• Dokumen mungkin berupa banyak media: teks, gambar, audio.
• Memex dapat menjaga ‘jejak’ dokumen-dokumen yang telah terbaca dan link-link yang dibuka user, sesuai dg rasa keingintahuannya. (history URL saat surfing di web.)
• Dapat dibuat asosiasi antara dokumen.
• Dapat dimasukkan materi asli.
Jika diperhatikan, hyperlink HTML tidak sama dengan asosiasi dokumen yang disebutkan Vannevar Bush. Link HTML berada pada tingkat yang lebih rendah. Sebuah asosiasi memex di antara dua dokumen, memiliki konteks.
Vannevar Bush memberi contoh penggunaan memex. Seseorang tertarik pada mengapa suatu produk lebih unggul dari produk lain. Memex melacak dokumen yang terbaca sementara pengguna melakukan riset (mencari tahu mengenai suatu masalah, dalam hal ini perbandingan produk tersebut). Dia membuat catatan selama risetnya. Ia akhirnya membuat kesimpulan, dan menuliskannya dalam dokumen baru. Atau dapat kita membayangkan seseorang dapat mencapai sistem memex serupa. Saat seseorang membaca dokumen online & offline dalam mencari ide, lalu menyimpan daftar dari dokumen-dokumen telah terbaca, maka akan ada catatan tertulis ketika orang tersebut pergi (melakukan riset dari link ke link). Ketika orang itu selesai, orang tersebut akan merasa bahwa dia telah menulis sesuatu yang orang lain mungkin ingin membaca, kemudian dia dapat mempublikasikan dokumen baru tersebut.
Penjelasan memex inilah yang mengungkapkan konsep information filtering. Dokumen yang terbaca diriset dan dijadikan acuan untuk dibuka lain waktu untuk pengguna yang sama ataupun pengguna lain.
Dalam artikelnya, Vannevar Bush telah mengungkapkan tentang keprihatinannya akan arah tujuan usaha penelitian di bidang sains lebih pada kehancuran (pada masa itu penelitian dipusatkan untuk pengembangan senjata dan strategi perang), dibandingkan untuk tujuan pemahaman dan mencari penjelasan rinci dengan mesin memori kolektif dengan konsep “memex”, yang akan membuat berbagai pengetahuan menjadi accessible, dan dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan manusia.
Sumber:
http://www.theatlantic.com/doc/194507/bush
http://en.wikipedia.org/wiki/As_We_May_Think

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: